Teknologi Dual VVT-i bukan satu-satunya pengembangan Astra Daihatsu Motor di sektor mesin Great New Xenia. Dari bocoran video yang diunggah ke media sosial pekan ini membeberkan setidaknya ada hal lain yang membuatnya lebih baik dibanding mesin lama Xenia.
Diungkap, mesin tertinggi Great New Xenia kini memakai 1NR 1.3L EFI Dual VVT-i, mengganti seri lama K3-VE DOHC VVT-i. Total bobot mesin baru lebih ringan sebab menggunakan bahan alumunium, tidak dijelaskan seberapa besar pengaruhnya pada performa keseluruhan namun telah diketahui Xenia baru mendapat perubahan sistem peredam kejut di bagian shock absorber, lateral control rod, konstanta pegas, serta diameter stabilizer yang menebal.
Bila dibanding versi lama, mesin baru punya desain baru di bagian port intake sehingga pasokan udara lebih optimal. Hasilnya, tenaga naik menjadi 97 tk @ 6.000 rpm, sebelumnya 91 tk @ 5.000 rpm. Torsi maksimal bisa didapat saat putaran mesin lebih rendah.
Pada mesin baru suplai bahan bakar diatur oleh Electronic Control Unit yang sekarang dibantu Electronic Throttle System. Artinya, respon mesin lebih presisi dengan kerja pedal gas, hal ini berguna untuk menjaga efisiensi bahan bakar.
0 komentar:
Posting Komentar